Gimana Sih Cara Masuk Leiden University?

on

Mungkin ada JUTAAN KALI pertanyaan ini dilontarkan oleh para rekan, adik, handai taulan, atau bahkan orang asing ke orang yang kuliah/pernah kuliah di Leiden University. Yakinlah, bukan cuma para Leiden-ers yang pernah dapat pertanyaan begini, orang-orang dari Universitas lain (terutama kampus luar negeri) pasti pernah juga terjebak pertanyaan ini.

Biasanya, kami sih lempar jawaban becanda yang saking seringnya malah jadi lame jokes: masuk lewat pintu ya, jangan lupa bilang assalammualaikum.

Kenapa kok jawabnya gitu? Kenapa? KENAPA?

Ya sabar. Coba bayangkan gimana rasanya jadi admin media sosial yang ribuan kali ditanyain pertanyaan begini, padahal jelas-jelas jawaban yang kalian cari ada di:

Image result for google gif

Cobalah anggap kampus Leiden itu kayak gebetan/mantan/idola/orang kalian yang betah kalian stalk sampe ke info-info rincinya. Jadi, stalking-nya lebih berbobot gitu, dan membuahkan hasil juga.

Kalau pengen banget masuk Leiden University, masa sih ga mau luangin waktu buat cari tahu tentang impian sendiri? Di jaman yang super duper mudah (secara digital) ini, informasi gampang banget didapat tanpa perlu kamu menguber-uber orang. Apalagi kalau info yang kamu butuh tuh info umum banget.

“Jadi, mesti gimana kak? Aku tuh bingung mesti gimana.”

Oke baik, memulai memang paling sulit. maka mulailah dari hal yang paling jelas:

  1. BUKA SITUS RESMI KAMPUS: Ini sebenarnya bahkan ga perlu ditanya lagi “situsnya apa?”, “saya mesti ketik apa?”. OKE. BAIK. SEMBARI MENARIK NAPAS, SAYA PERSEMBAHKAN https://www.universiteitleiden.nl/en
  2. CARI INFO YANG KAMU BUTUHKANsesungguhnya segala informasi detil tentan Leiden University ada di situ. Mulai dari info tentang Program (S1, S2, S3), Cara Aplikasi/Pendaftaran, Fasilitas, Kegiatan, bahkan tentang bagaimana hidup di Leiden. Semua ada, semua tergantung kamu mau cari atau engga 🙂
  3. KIRIM EMAIL UNTUK PERTANYAAN SPESIFIK: kalau kamu punya pertanyaan yang jawabannya ga ada di situs itu, meskipun udah kamu ubrak-abrik, monggo kirim email ke pihak yang bersangkutan. Misalnya tentang pendanaan, bisa kirim email ke bagian support service/finance. Kalau tentang jurusan, bisa kirim ke orang fakultas terkait. “emailnya ada di mana kak?”. Situs Leiden itu kayak treasure box. Kamu bisa dapat yang kamu butuhkan di situ. Jadi, silahkan liat di bagian informasi terkait.
  4. BARU TANYA KENALAN/PPI: kamu udah ngerasa cukup dalam ngegali informasi di situs, udah punya bekal banyak informasi, tapi masih kepo tentang hal-hal yang lebih spesifik lagi, ya monggo samper dah tuh kenalanmu atau anak-anak PPI yang lagi studi/pernah studi di Leiden. Setidaknya, kamu ga datang dengan tangan kosong yang berharap diisi gitu. Hindari jadi dora, yang gampang banget nanya padahal punya peta dan segala perlengkapannya. 

 

apa susahnya sih kak tinggal ngejawab doang? Sombong amat” 

Kamu butuh, maka kamu yang usaha. Orang lain itu cuma pengamat yang bisa kasih bantuan cuma di kala kamu benar-benar butuh.

Kamu ingin, maka kamu yang coba. Orang lain itu cuma figuran di petualanganmu, jangan gantungkan keberhasilanmu dengan menyeret-nyeret orang lain di dalamnya.

Masa sih calon mahasiswa berintelek nyari informasi dan embel-embel begini aja enggan? Ga dong ya, kan calon mahasiswa Leiden, pasti punya kemauan dan rajin baca. BACA! BACA! BACA! Jikalau literasi untuk kepentinganmu sendiri aja masih belum kamu maksimalkan, maka niscaya, perjalanan untuk kuliah di luar negeri bakal lebih sulit nantinya.

Demikian penjelasan singkat nan sederhana ini.

Kalau ada pertanyaan (ingat, jika memang kamu sudah mencoba cari tahu sendiri dan belum ketemu jawabnya), boleh-boleh aja kok tanya ke PPI via media sosial. Pasti akan dijawab, dan kami membuka tangan untuk membantu. Membantu kamu-kamu yang benar-benar butuh 🙂

Veel Success!

Kami tunggu kamu di….

Image result for leiden university log

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s