Kunstavond 2018

on

Kunstavond merupakan acara tahunan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Leiden, Belanda. Kata “Kunstavond” sendiri berasal dari Bahasa Belanda yakni “malam kebudayaan”. Tahun ini, pagelaran Kunstavond telah diselenggarakan pada hari Minggu, 8 April 2018 di Qbus Muziekhuis, Leiden (15.30 – selesai) dengan memfokuskan pada kebudayaan dan kesenian asli Bali dan membawa pesan “A night when Balinese cultures and arts are brought into the city of Leiden”.

 

Acara diawali dengan penampilan “Panyembrama Dance”, tim tari dari Wageningen University yang menampilkan tari selamat datang untuk menyambut tamu baik masyarakat Indonesia di Belanda maupun komunitas internasional. Kunstavond juga dibuka dan dihadiri secara resmi oleh Duta Besar LBBP Republik Indonesia untuk Kerajaan Belanda, I Gusti Agung Wesaka Puja.

 

Kemudian, ditampilkan juga story telling berjudul
“A Story from Bali”dan performance anak-anak Indonesia yang tinggal di Kota Leiden menyanyikan lagu “Dari Sabang sampai Merauke” dan “Cinta untuk Mama” serta pembacaan puisi. Selanjutnya, Ni Made Citrayanti mempresentasikan kultur Bali dan asal usul “sesajen” Bali. Beliau merupakan warga negara Indonesia yang telah lama menetap di Kota Leiden, Belanda. Dilanjutkan dengan special performanceoleh vocal grup Leidsche 1922 yang beranggotakan rekan-rekan Indonesia yang sedang menempuh studi tingkat PhD di Kota Leiden. Nama “Leidsche 1922” diambil dari tahun dibentuknya PPI Leiden yang dahulu bernama “Indonesische Vereniging”. Acara ditutup dengan workshop Tari Kecak dan Gamelan Bali yang dibawakan oleh Mr. Krisna, dosen studi musik asal Bali.

Selain perhelatan seni dan budaya Bali, Kunstavond juga menyelenggarakan festival kuliner Indonesia dimana rekan-rekan Indonesia di Belanda dan komunitas internasional dapat mencicipi makanan khas Indonesia diantaranya nasi padang, sate lilit Bali dan tum ayam, nasi kuning Makassar, Batagor dan Siomay, nasi angkringan Yogyakarta, soto Betawi dan menu khas Indonesia lainnya.

 

Mohon maaf atas segala kekurangan dan ketidaksempurnaan dalam penyelenggaraan acara. Saran dan kritik yang membangun dari rekan-rekan kami terima untuk perbaikan di acara-acara selanjutnya.

 

Terima kasih untuk kerja keras para pihak yang telah terlibat dalam pelaksanaan Kunstavond 2018 dan apresiasi setinggi-tingginya kepada para pengisi acara. Terima kasih juga kepada rekan-rekan yang telah hadir dan sampai jumpa di Kunstavond 2019!

 

Salam hangat,

 

PPI Leiden

DSCF5713DSCF5567 (2)DSC00684 Dubes LBPP RI untuk Kerajaan BelandaDSC00721DSC00728DSC00848DSCF5558DSC00763DSC00769DSC00656DSCF5993

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s