[Post-Event Report] Peluncuran Buku “Tanah Air yang Hilang”

on

Pada hari Selasa, 14 November 2017, PPI Leiden mengadakan acara peluncuran buku “Tanah Air yang Hilang” oleh Martin Aleida. Penulis tersebut hadir dalam diskusi sebagai narasumber untuk membahas buku setebal 325 halaman yang memuat rekaman perjalanan dan perjuangan eksil Indonesia yang berlindung dan bertempat tinggal di Eropa akibat rezim militeristis Orde Baru. Buku ini telah diedarkan di Indonesia oleh Penerbit Buku Kompas.

 

Diskusi dihadiri oleh kurang lebih 30 WNI yang berada di Leiden. Dalam diskusi, penulis menceritakan pengalamannya dalam mewawancarai 19 eksil Indonesia yang berlindung dan bertempat tinggal di Belanda, Jerman, Ceko, Bulgaria dan Perancis. Penulis melakukan riset dan wawancara mendalam selama tiga bulan sejak awal 2016.

 

“Tanah Air yang Hilang” menceritakan asal usul eksil Indonesia tersebut dan bagaimana dampak buruk rezim militeristis Orde Baru memaksa mereka untuk meninggalkan tanah air Indonesia dan mengembara di Eropa. Bagi mereka, hari demi hari dilewati dengan rasa takut sekaligus harapan kuat menemukan Negara yang bersedia memberikan perlindungan. Meskipun cita-cita mereka adalah tetap mempertahankan Indonesia sebagai tanah air mereka. Bagi para eksil ini, dapat diizinkan mengunjungi Indonesia sekiranya 1 kali dalam setahun atau 1 kali dalam dua tahun merupakan bentuk heroisme dan impian tersendiri.

 

Martin Aleida menyampaikan bahwa rekaman perjalanan hidup mati para eksil ini ditujukan untuk melengkapi sejarah peradaban politik Indonesia. Mempublikasikan bahwa kesengsaraan luar biasa yang dialami para eksil akibat menjadi korban fasisme adalah hal yang tidak boleh terulang lagi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara bagi masyarakat Indonesia.

 

IMG_2699

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s