Diskusi Terbuka: Tan Malaka dan Cita-cita Pendidikan Nasional

Setelah menamatkan pendidikan Kweekschool (Sekolah Guru Negara) di Fort de Kock, Padang, Sumatra Barat, di bulan Oktober 1913 Ibrahim gelar Datuk Tan Malaka berangkat menuju ke Eropa untuk melanjutkan pendidikannya. Di dalam perjalanan menuju Eropa, ia menamatkan membaca buku Franche Revolutie yang diberikan guru yang menyayanginya GH Horensma.

Tan Malaka menempuh pendidikan di Rijks Kweekschool Haarlem, Netherland. Sebagai pelajar dari negeri timur yang bernama Hindia Belanda waktu itu, Tan Malaka menghadapi banyak sekali tantangan dalam menyelesaikan pendidikannya. Tidak hanya budaya yang sama sekali berbeda, iklim yang berbeda, tetapi juga gangguan kesehatan yang tidak ringan manakala ia terserang penyakit pleuritis pada 1915.

Dari tahun 1913 hingga 1919, Tan Malaka tinggal di Belanda. Ia berada di dalam lingkaran peristiwa yang mengubah banyak hal di Eropa. Perang Dunia I, Revolusi Bolsjevic 1917, dan berbagai dinamika persoalan di Eropa. Ia tidak hanya belajar sebagai guru akan tetapi ia belajar banyak hal dari peristiwa-peristiwa penting di Eropa yang menggugah kesadarannya akan bangsanya dan menumbuhkan cita-cita Indonesia di dalam benak dan pikirannya.Masa tinggal di Belanda dari 1913 hingga 1919 adalah fase penting bagi kebangkitan pemikiran Tan Malaka.
Di dalam diskusi ini kita akan mengupas tuntas apa pengaruh dari Perang Dunia I pada sosok Tan Malaka? Apa pengaruh dari Revolusi Bolsjevic di Rusia pada 1917? Apa pengaruh dari keadaan Hindia Belanda sehingga Tan Malaka ingin mengabdikan dirinya untuk mengajar anak-anak bangsanya?
Melalui peneliti DR. Harry A Poeze diskusi ini akan mengupas tuntas kisah-kisah menarik dan persentuhannya dengan berbagai peristiwa penting di Eropa yang berpengaruh pada perubahan dunia hingga hari ini. Jasa-jasa Tan Malaka di dunia pendidikan dalam menanamkan pendidikan karakter kebangsaan dan memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia akan dikupas oleh Ibu Triana Wulandari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s