Hal-Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Meninggalkan Leiden (Updated Agustus 2018)

Ada beberapa hal penting yang sebaiknya dilakukan sebelum Anda meninggalkan Leiden untuk kembali ke Indonesia:

  1. Legalisasi Ijazah (tergantung kebutuhan pribadi):

Secara umum, ijazah (dan/atau transkrip akademik) yang Anda terima dapat dilegalisir/tidaknya adalah tergantung kebutuhan pribadi Anda. Ijazah dan/atau transkrip akademik dapat dilegalisir di DUO (Dienst Uitvoering Onderwijs atau Education Executive Agency yang berada di bawah Dutch Ministry of Education, Culture, and Science) yang berlokasi Groningen, kemudian di legalisasi di Minbuza (Ministry of Foreign Affairs) yang berlokasi di Den Haag, setelah itu di legalisasi di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Den Haag. Setelah tiba di Indonesia, Ijazah perlu disetarakan di Kemenristekdikti Indonesia dengan prosedur online sebagai berikut http://ijazahln.ristekdikti.go.id/ijazahln/

Perlu dicatat: Untuk keseluruhan proses legalisir, harap membawa passport dan residence permit (verblijfstitel).

Apakah ijazah perlu dilegalisir di Court?

Ijazah perlu dilegalisir di Court hanya apabila Anda berencana untuk kerja atau studi di salah satu negara anggota konvensi internasional apostille (i.e., The UK, Australia, Japan, the US, Denmark, China, etc.) more info : The Convention of 5 October 1961 Abolishing the Requirement of Legalisation for Foreign Public Document) : bit.ly/ApostilleConvention

Hal ini dikarenakan Indonesia belum meratifikasi atau belum menjadi anggota Konvensi International Apostille.

Apabila Anda tidak berencana untuk studi dan/atau bekerja di negara-negara anggota Konvensi Internasional Apostille di atas, atau dengan kata lain, berminat menggunakan ijazah Anda untuk studi dan/atau bekerja di Indonesia, maka stamp apostille dari legalisasi di Court tidak diperlukan, hanya perlu legalisir di DUO, Minbuza, KBRI Den Haag dan disetarakan di Kemenristek Dikti di Indonesia saja.

A. Prosedur legalisasi di Kantor DUO Groningen

Alamat : Kempkensberg 12, 9722 TB in Groningen (Kurang lebih 5-7 menit berjalan kaki dari Stasiun Kereta “Groningen Europark”)

  • Anda dapat datang langsung ke Kantor DUO tanpa appointment, menuju resepsionis dan meminta nomor antrian untuk legalisir. Permohonan legalisir dapat diwakilkan kepada pihak lain.
  • Setelah antrian dipanggil, proses kurang lebih 10 menit per orang/ijazah dengan biaya sebesar 6 EURO/lembar. Pembayaran dapat dilakukan dengan cash atau debit card (pinnen).
  • Lembar yang akan dilegalisir adalah lembar diploma asli. Apabila diperlukan, Anda dapat melegalisir transkrip nilai asli dengan biaya tambahan dihitung per lembarnya.

B. Prosedur legalisasi di District Court

  • Apabila Anda membutuhkan legitimasi stamp apostille untuk tujuan di atas, maka Anda dapat melegalisir ijazah di District Court. Dapat dilakukan di District Court manapun seperti District Court Groningen, Den Haag, Den Bosch, dan lain-lain).
  • Anda dapat datang langsung misalnya ke District Court Groningen setelah memperoleh legalisasi ijazah dari Kantor DUO. Petugas di District Court akan menanyakan untuk negara manakah tujuan legalisasi dokumen ini? Maka Anda tidak menjawab “Indonesia”, tetapi menjawab dengan menyebutkan salah satu negara Apostille di atas (misal: The US untuk studi, atau negara-negara anggota Konvensi Internasional Apostille lainnya). Hal ini dikarenakan apabila Anda menjawab untuk di Indonesia, maka petugas tidak akan memberikan stamp apostille karena Indonesia belum meratifikasi Konvensi tersebut. Tegaskan kembali bahwa Anda memerlukan stamp apostille bukan legalisation stamp biasa.
  • Biaya legalisir di District Court adalah 20 EURO/dokumen. Jangan lupa untuk cek jam kerja di District Court.
  • Sekali lagi, apabila Anda tidak berencana untuk menggunakan ijazah untuk studi/bekerja di negara-negara anggota Konvensi Internasional Apostille (misalnya hanya akan digunakan di Indonesia), maka legalisasi di District Court adalah tidak diperlukan. Setelah legalisir ijazah di Kantor DUO, maka langsung legalisir ke Kantor Minbuza dan KBRI di Den Haag.

C. Prosedur legalisasi di Kantor Minbuza Den Haag

Alamat: Lokasi sangat dekat dengan Den Haag Central Station, cukup berjalan kaki saja 1 menit. Untuk mendapat dokumen legalisir di hari yang sama, silahkan datang pukul 09.00-11.30. Lewat dari jam tersebut, dokumen dapat diambil keesokan harinya).

  • Setelah melakukan legalisir di Kantor DUO (dan District Court Groningen atau wilayah lainnya apabila diperlukan), Anda dapat melanjutkan legalisir dokumen ke Kantor Minbuza Den Haag tanpa appointment terlebih dahulu. Legalisir juga dapat diwakilkan ke pihak lain.
  • Anda dapat mengunjungi The Consular Service Centre (CDC) Desk Lantai 1 di Kantor Minbuza, mengambil antrian di dekat tangga eskalator naik.
  • Apabila ingin melakukan legalisir di hari yang sama di 2 tempat yakni Kantor Minbuza dan KBRI, disarankan datang ke Minbuza di pagi hari. Agar legalisir ijazah dapat diterima di hari yang sama dan dilanjutkan legalisir ke KBRI (Layanan legalisir KBRI tutup jam 12.00, proses legalisir di Minbuza kurang lebih 30 menit).
  • Biaya legalisir 10 EURO per dokumen.

D. Prosedur legalisasi di KBRI Den Haag

Alamat : Tobias Asserlaan 8 2517 KC, Den Haag (Dari Den Haag Central Station, naik bus nomor 24 jurusan Kijkduin dan turun di halte Banstraat. Jalan kaki kurang lebih 7 menit).

  • Selanjutnya, proses legalisir dapat dilakukan di KBRI Den Haag tepatnya di Meja Pelayanan Kekonsuleran KBRI Lantai 1.
  • Jam buka penyerahan dokumen dari pukul 09.00 – 12.00 dan waktu pengambilan pukul 16.00
  • Per 6 Januari 2017, biaya legalisasi di KBRI gratis!

E. Prosedur penyetaraan di Kemenristekdikti Jakarta

Prosedur lebih lanjut untuk penyetaraan di Kemenristekdikti dapat dilakukan secara online di http://ijazahln.ristekdikti.go.id/ijazahln/

 

Dengan demikian, biaya yang diperlukan untuk legalisir adalah kurang lebih 36 EURO (6 EURO di DUO, 20 EURO di District Court, dan 10 EURO di Minbuza, gratis di KBRI). Apabila Anda tidak perlu legalisir di District Court, maka biaya menjadi 16 EURO per lembar dokumen. Oleh karena itu, apabila Anda melegalisir lebih dari 1 dokumen (misalnya melegalisir transkrip akademik, atau membuat salinan legalisir dsb maka biaya bertambah sesuai dengan perlembarnya.

Untuk hari yang diperlukan, 2 hari kerja kurang lebih cukup untuk melakukan proses legalisir di atas. Dengan catatan, Anda selalui memulai proses pagi hari! Jam 09.00 sudah sampai di instansi yang bersangkutan. Misal: Hari pertama legalisir di Kantor DUO di Groningen (dan District Court Groningen apabila diperlukan), dan Hari kedua legalisir di Minbuza dan KBRI Den Haag.

Proses lain (non-akademik) untuk meninggalkan Kota Leiden :

2. De-register/uitschrijven dari Gemeente (WAJIB)

  • Anda dapat menelepon Kantor Gementee Leiden untuk membuat appointment untuk deregistration di nomor 14071. Alamat Gementee Leiden di Stadhuisplein 1, 2311 EJ Leiden. Apabila Anda tinggal di luar Leiden (i.e Oegstgeest, Den Haag, Delft, dan lainnya silahkan cek prosedur di Gementee masing-masing).
  • Setelah membuat appointment by phone, Anda dapat datang ke Gementee Leiden di hari dan jam yang ditentukan dan menyampaikan rencana kepulangan dengan melampirkan passport.
  • Anda akan memperoleh surat keterangan de-registrasi dari Gementee dengan biaya kurang lebih 13 EURO.

3. Melapor kepada Bank masing-masing untuk menutup dan mengosongkan rekening

  • Silahkan cek prosedur ke Bank Anda. Sebagai contoh, untuk Rabobank dapat mengosongkan rekening dengan saldo sampai nilai 0, kemudian datang ke kantor Rabobank atau mengirim email dan menyampaikan rencana menutup rekening. Kemudian Rabobank akan secara otomatis menutup rekening Anda.
  • Apabila Anda berminat untuk zoekjaar dan meneruskan tinggal di Belanda, hubungi bank Anda masing-masing apabila ingin memperpanjang rekening. Dikarenakan status rekening Anda perlu diubah dari status rekening student menjadi status lainnya dengan melengkapi dokumen persyaratan sesuai keperluan bank.

4. Menghentikan langganan telepon selular dan internet (bila perlu)

5. Mengosongkan saldo LU-card (bila perlu)

6. Menghentikan langganan OV-Chipkaart/travel product lainnya

  • Kontak NS/penyedia travel product untuk membatalkan langganan tahunan.

7. Lapor diri kepulangan ke KBRI

  • Dapat melaporkan kepulangan langsung ke KBRI dengan membawa surat deregistrasi dari Gementee Leiden ke Kantor KBRI Den Haag.
  • Sebagai alternatif, dapat dilakukan secara online melalui Aplikasi ALDITA.

8. Mengembalikan verblijf/residence permit ke IND

  • Residence permit WAJIB dikembalikan ke IND! Anda dapat langsung datang mengembalikan ke kantor IND atau mengirim via pos dengan cara di rusak terlebih dahulu kartunya. Yakni dilubangi atau dipotong sedikit tetapi tidak dipotong menjadi 2 bagian.

Sekian hal-hal yang perlu diperhatikan saat Anda akan meninggalkan Belanda. Jangan sampai ada prosedur administrasi yang lalai dilakukan karena bisa mengakibatkan tagihan Anda jalan terus. Pastinya Anda tidak ingin ditagih-tagih terus kan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s