Nota klarifikasi terkait siaran pers PPI Belanda

Nota klarifikasi

Menanggapi pemberitaan yang hangat akhir-akhir ini bahwa “Pelajar Indonesia di Belanda menyatakan bahwa Reklamasi Pulau di Teluk Jakarta itu ide kuno” yang turut dimuat di website Perhimpunan Pelajar Indonesia di Belanda (PPI Belanda) dan juga di beberapa surat kabar elektronik nasional, dengan ini Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Leiden menyatakan bahwa hal itu bukanlah pernyataan sikap dari pelajar Indonesia di Belanda. Beberapa hal yang kiranya perlu diperjelas untuk klarifikasi, yaitu:

  1. PPI Belanda adalah wadah koordinasi dari 17 PPI Kota independen yang tergabung di dalamnya (PPI Wageningen, PPI Amsterdam, PPI Leiden, PPI Rotterdam, PPI Den Haag, PPI Kota Den Haag, PPI Arnhem, PPI Delft, PPI Deventer, PPI Eindhoven, PPI Emmen, PPI Enschede, PPI Maastricht, PPI Nijmegen, PPI Groningen, PPI Tilburg, PPI Utrecht).
  1. PPI Belanda tidak dapat mengeluarkan pernyataan sikap tanpa persetujuan dari PPI Kota, dengan demikian apabila suatu pernyataan sikap diperlukan, maka perlu merujuk kepada persetujuan dari PPI Kota yang dimaksud.
  1. Artikel dari PPI Belanda, http://ppibelanda.org/pelajar-indonesia-di-belanda-reklamasi-pulau-di-teluk-jakarta-itu-ide-kuno/ bukanlah suatu bentuk pernyataan sikap dari Pelajar Indonesia di Belanda dimana PPI Belanda bernaung, ataupun mewakili aspirasi dari Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Leiden.
  1. Artikel dari PPI Belanda tersebut adalah laporan hasil diskusi yang diselenggarakan oleh PPI Belanda dengan PPI Kota Den Haag pada tanggal 18 Juni 2016 di kota Den Haag, Belanda.
  1. Apabila artikel tersebut mencerminkan suatu opini ‘bersayap’, maka hal itu menjadi tanggung jawab dari PPI Belanda sebagai sebuah organisasi yang memiliki perangkat kepengurusan tersendiri.

Demikianlah nota klarifikasi ini dibuat untuk mengklarifikasi isu.

25 Juni 2016

PPI Leiden

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s