FAQ PPI Leiden (Mohon dibaca untuk Calon Mahasiswa Baru di Leiden)

Berikut adalah FAQ untuk teman-teman di Indonesia yang akan bergabung bersama kami di PPI Leiden.

1.SEBELUM BERANGKAT

Pastikan semua dokumen yang diperlukan untuk studi ke Belanda telah siap semua. Dokumen tersebut diantaranya; Passport, Visa Studi Belanda, Letter of Acceptance, Letter of Sponsorship (jika didukung beasiswa), dan kontrak/alamat tempat tinggal di Belanda. Jangan lupa juga untuk senantiasa membaca email dari International student Officers untuk mengikuti perkembangan terkait perkuliahan di Leiden.

Bagaimana cara masuk ke Facebook group PPI Leiden?

Agar bisa masuk ke Facebook group PPI Leiden, mahasiswa baru akan diundang oleh admin setelah mengisi form berikut ini: Form Mahasiswa Baru

Apakah ada grup khusus mahasiswa baru di Leiden?

Ada grup WhatsApp khusus untuk calon mahasiswa baru yang akan segera memulai perkuliahan di Leiden sebagai wadah bertukar informasi, dll. Silakan infokan nomor WhatsApp anda dan jurusan serta tanggal mulai perkuliahan ke: info@ppileiden.org (24 Jam) atau SMS/WhatsApp ke nomor : +31682259140 (Vanessa) or +6281215893024 (Nabila)

Bagaimana cara untuk mencari kamar tinggal / rumah di Leiden?

Harga sebuah tempat tinggal di Leiden bervariasi dari 350-500 Euro untuk sebuah kamar dengan sharing kamar mandi dan dapur. Hingga 500-1000 Euro untuk sebuah studio dengan kamar mandi dan dapur sendiri.

Ada empat cara yang bisa dilakukan untuk mencari kamar tinggal / rumah di Leiden.

Yang pertama melalui perantara Universitas Leiden:

http://www.studenthousing.leiden.edu/student-housing/contact-ics-housing-office.html

Kemudian yang kedua melalui jasa pencarian rumah online: https://www.duwo.nl/over-duwo/onze-gebouwen/leiden/?no_cache=1

Dan yang ketiga melalui Facebook group:

https://www.facebook.com/groups/leiden.housing/

Keempat bisa melalui website khusus mencari kamar di Belanda:

https://kamernet.nl/huren/kamer-leiden

2. KETIBAAN

Bagaimana mencapai kota Leiden dari Bandara Schiphol ?

Cara paling mudah untuk berangkat dari Bandara Schiphol menuju kota Leiden adalah dengan menggunakan kereta. Stasiun kereta Schiphol terletak di lantai bawah Central hall Bandara Schiphol, di sana anda dapat menemukan loket yang menjual tiket kereta. Untuk one-way ticket harganya € 5,80 (ditambah suplisi jadi € 6,80) dan return ticket seharga € 11,40. Kereta yang langsung menuju Stasiun Leiden Centraal berangkat setiap 15 menit sekali, dengan estimasi waktu 20 menit. Jangan lupa untuk mengecek jadwal keberangkatan kereta yang tertera di stasiun dan jangan sampai salah naik kereta. Jadwal keberangkatan kereta juga dapat di akses di :

http://9292.nl/en/. atau

download aplikasi 9292 di untuk Android (Free) disini atau iOS (Free) disini

Untuk tutorial lengkapnya, bisa dilihat di post ini.

Adakah koneksi internet yang bisa digunakan sesampainya di Belanda?

Ya, jika anda menggunakan smartphone maka wifi gratis akan anda dapatkan sesampainya di Bandara Schiphol maupun di dalam kereta (hanya kereta intercity).

Dimana tempat untuk membeli kartu SIM untuk handphone?

Setibanya di Bandara Schiphol anda bisa membeli kartu SIM di toko-toko handphone atau mini-market yang ada di dalam bandara. Selain itu, biasanya ada counter Lebara dimana anda bisa mendapatkan kartu SIM gratis. Biasanya, kartu SIM belum termasuk pulsa telepon maupun internet, maka jika anda ingin menggunakan fasilitas tersebut jangan lupa untuk mengisi pulsa sesudahnya. Kartu SIM juga bisa di beli di banyak tempat di Leiden.

Adakah Contact Person dari PPI Leiden yang dapat dihubungi?

Untuk informasi mengenai ketibaan di Leiden bisa kirim email melalui info@ppileiden.org (24 Jam) atau SMS/WhatsApp ke nomor : +31682259140 (Vanessa) +6281215893024 (Nabila)

Apakah PPI Leiden mengadakan penjemputan bagi mahasiswa baru?

PPI Leiden, khusus untuk intake September 2017, akan mengadakan 2 kali penjemputan. Yaitu tanggal 19 Agustus 2017 dan 26 Agustus 2017. Apabila ingin dijemput, bisa hubungi contact person WhatsApp ke nomor: +31682259140 (Vanessa) atau +6281215893024 (Nabila)

Dimana tempat untuk menukar Rupiah menjadi Euro?

Banyak moneychanger yang bisa ditemukan di Bandara Schipol. Namun, PPI Leiden menyarankan agar uang Euro sudah ditukar semenjak dari Indonesia sebab tidak semua moneychanger dapat menukar uang rupiah.

3.HIDUP DI LEIDEN

Dimanakah letak gedung Universiteit Leiden?

Gedung Universiteit Leiden tersebar dipenjuru kota Leiden. Masing-masing fakultas memiliki gedungnya sendiri. Di pusat kota terdapat gedung fakultas Humanities dan Law. Di dekat stasiun terdapat gedung fakultas Medicine dan Social and Behavioral Science. Di pinggir kota Leiden terdapat gedung Faculty of Science dan Archaeology. Untuk lebih lengkapnya bisa klik tautan berikut:

http://visitors.leiden.edu/info/nocampus.html#location-of-the-faculties-in-leiden

Dimanakah letak gedung Webster University?

Gedung Webster University terletak di dekat pusat kota Leiden. Untuk lebih lengkapnya bisa klik tautan berikut:

http://www.webster.nl/about-webster/leiden-campus

Bagaimana sistem pembayaran yang umum di Belanda?

Sistem pembayaran yang paling umum di Belanda adalah dengan menggunakan PIN (Semacam kartu debit di Indonesia). Hampir semua restoran, toko, atau tempat perbelanjaan lainnya menggunakan fasilitas ini. Untuk bisa menggunakan PIN, anda harus membuat rekening bank yang ada di Belanda seperti ABN-AMRO, ING, dan RABO Bank.

Bagaimana cara membuat rekening bank di Leiden?

Untuk membuat rekening bank di Belanda umumnya tidak begitu banyak persyaratan yang diperlukan. Tinggal datang ke bank yang bersangkutan dengan membawa Passport dan alamat tempat anda tinggal. (Untuk lebih pasti, bisa langsung ditanyakan kepada Bank teller yang bersangkutan ketika sudah sampai di Leiden). Beberapa kantor bank terdapat di Leiden seperti ABN-AMRO, ING, dan RABO Bank

Bagaimana cara untuk mendaftarkan diri di Townhall Leiden?

Pendaftaran diri di Townhall sangat diperlukan untuk bisa mendapatkan BSN (Burgerservicenummer/semacam social security number). BSN perlu dibedakan dengan Verblijfstitel (kartu izin tinggal) yang dikeluarkan oleh dinas imigrasi Belanda. Untuk membuat BSN kita harus bikin appointment dengan Town Hall sendiri, sedangkan untuk mengambil verblijfstitel, pihak universitas yang akan menghubungi kita kapan petugas dinas imigrasi datang ke Leiden. Biasanya Leiden International Student Officers akan memberikan pengumuman langsung kepada email anda mengenai apa-apa saja yang harus dibawa dan kapan bisa mendaftarkan diri ke dan mengambil verblijf di Townhall.

Bagaimana untuk bisa mendapatkan asuransi di Leiden?

Tidak semua asuransi di Indonesia dapat menjamin anda selama di Belanda. Oleh karena itu, pendaftaran asuransi di Leiden disarankan. Untuk informasi lebih lanjut klik tautan ini: www.students-insurance.eu  

Bagaimana cara menggunakan akses transportasi di Leiden dan seluruh Belanda?

Untuk bisa menggunakan akses transportasi (bus / trem / kereta) di Belanda, anda dapat membeli kartu OV-Chipkaart yang tersedia di loket kereta api. Untuk informasi lebih jelasnya dapat dibuka link berikut ini http://www.ns.nl

Advertisements

2 Comments Add yours

  1. Terrylia says:

    Dear Admin, mau ngoreksi dikit tulisannya:
    1. Fakultas Arkeologi kini menempati gedung baru (Van Steenisgebouw) yang letaknya di luar pusat kota, dekat Fakultas Sains.
    2. One-way ticket Leiden Centraal-Schiphol tanpa ov-chipkaart itu 5,70 euro, dengan suplisi 1 euro jadi total 6,70 euro.
    3. Pendaftaran diri di Town Hall dilakukan untuk mendapatkan BSN (Burgerservicenummer/semacam social security number), bukan verblijfstitel. Verblijfstitel (kartu izin tinggal) dikeluarkan oleh dinas imigrasi Belanda. Untuk bikin BSN kita harus bikin appointment dengan Town Hall sendiri, sedangkan untuk mengambil verblijfstitel, pihak universitas yang akan menghubungi kita kapan petugas dinas imigrasi datang ke Leiden.

    Like

  2. admin says:

    Terima kasih Terry yang baik. Postingan diatas sudah kami revisi berdasarkan masukan kamu. Silahkan lho kalau masih ada masukan lain.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s