Home Far Away Home: Informasi praktis bagi para pencari “rumah” di Leiden

(Maria Ingrid NB) – Sulitnya mencari tempat tinggal adalah salah satu persoalan umum yang paling sering dialami tidak hanya oleh mahasiswa Indonesia tetapi juga mahasiswa internasional lain pada umumnya yang datang ke Leiden. Setiap tahun, biasanya pada bulan Agustus/September, ketika tahun ajaran baru dimulai, baik mahasiswa baru maupun lama sibuk mencari tempat tinggal. Apabila beruntung cepat mendapat tempat tinggal yang nyaman, mereka bisa memulai studi mereka dengan tenang. Bagi yang tidak, mereka bisa sampai berminggu-minggu sampai berbulan-bulan mencari.

Tulisan sederhana ini saya buat berdasarkan pengalaman saya sendiri dan beberapa teman dalam mencari tempat tinggal di Leiden. Saya yang sudah pernah tinggal di Leiden selama kurang lebih 1 tahun merasakan sendiri sulitnya mencari tempat tinggal, apalagi teman-teman yang baru (atau akan) datang ke Leiden untuk kuliah, program pertukaran, kunjungan singkat dan sebagainya.

Untuk itu saya ingin berbagi informasi tentang mencari tempat tinggal di Leiden dan semoga teman-teman lain yang punya pengalaman dan pengetahuan lebih banyak daripada saya tentang tempat tinggal dapat menambahkan informasi sehingga bermanfaat bagi teman-teman yang akan tinggal atau sedang mencari tempat  tinggal di Leiden.

 

Ke mana harus mencari informasi?

 

Setidaknya ada empat cara untuk mencari informasi tentang tempat tinggal bagi mahasiswa :

  1. 1.     Universitas

Bagi anda yang diterima/ terdaftar sebagai mahasiswa Universitas Leiden, website universitas memiliki halaman khusus mengenai Student Housing: http://www.studenthousing.leiden.edu/student-housing/ dan http://www.studenthousing.leiden.edu/phd-post-doc/finding-housing/search-suggestions-in-leiden.html yang salah satunya akan menghubungkan mahasiswa ke: http://www.accommodate.nl/ atau ke : https://www.duwo.nl/

Pastikan anda membaca dengan jeli pilihan kamar/apartemen & lokasi yang ditawarkan, persyaratan, proses pembayaran, fasilitas, serta kondisi tempat tinggalnya: apakah itu single room atau studio room (sekamar berdua), dll.

Karena banyaknya jumlah mahasiswa baru setiap tahunnya, prosedur untuk mendaftar biasanya sangat awal. Ini sering menyulitkan bagi mahasiswa Indonesia karena urusan birokrasi & proses mendapatkan dokumen-dokumen memakan waktu lama sehingga ketika hendak mendaftar untuk student housing, semuanya sudah penuh atau sudah terlambat.

Bagi mahasiswa internasional yang sedang menjalani program pertukaran/ penelitian/ magang (yang hanya tinggal untuk jangka waktu pendek), terdapat alternatif untuk menyewa kamar mahasiswa Belanda yang sedang pergi ke luar negeri & menyewakan kamarnya. Informasi mengenai hal ini bisa didapat di: http://www.stichtingroofs.nl/roofs_en/  dan http://www.housinganywhere.com/ . Anda harus mendaftar dan membayar biaya registrasi melalui website tersebut untuk dapat mengakses informasi serta dihubungkan dengan mahasiswa yang akan menyewakan kamarnya.

  1. 2.     Agen 

Menggunakan jasa agen (makelaar) adalah salah satu alternatif mencari tempat tinggal. Ini bisa dilakukan apabila anda sudah berada di Leiden (karena kalau masih di Indonesia, tidak mungkin bisa membuat janji untuk melihat langsung tempatnya). Ada banyak sekali agen rumah yang tersedia di Leiden.

Pada umumnya prosesnya sama: anda harus registrasi (biasanya gratis) secara online atau datang langsung ke kantor agennya untuk dapat mengakses informasi tempat tinggal yang disewakan (hampir semua biasanya dipasang di website agen). Setelah anda mempunyai pilihan tempat yang ingin anda lihat (bisa lebih dari satu), anda bisa langsung mengontak agen dan mereka akan mengatur waktu dengan anda dan pemilik rumah agar anda bisa datang untuk melihat tempatnya.  Sesudah itu, staf dari agen tersebut akan menemani anda mendatangi tempat yang ingin anda sewa. Meski kebanyakan agen tidak memungut biaya untuk melihat tempat, ada juga agen yang tetap memungut biaya, jadi ketika memilih agen, anda harus memastikan prosedur/cara kerja agen tersebut terlebih dahulu. Apabila anda sudah menjatuhkan pilihan tempat yang ingin anda sewa, agen akan mengatur proses kontrak sewa dengan pemilik rumah.

Hal penting yang harus diketahui apabila hendak menggunakan jasa agen adalah ketika anda sudah mendapat tempat yang anda inginkan dan mengurus kontrak sewa, selain membayar sewa, anda harus membayar fee untuk agen (biasanya sebesar harga sewa 1 bulan dari tempat yang anda pilih), jadi anda harus menyiapkan anggaran lebih.

Berikut adalah link beberapa agen rumah:

Pararius: http://www.pararius.com/english/clientHome.php?lvl1=1&lvl2=1

Re/Max: http://www.remax.nl/welkom/

Living Today: http://www.livingtoday.nl/english

Expat Rentals: http://leiden.expatrentals.eu/index.aspx

Easy Rentals: http://www.easyrentals.nl/en

Direct Wonen: http://www.directwonen.nl/

Vijf Sterren: http://www.vijfsterrenleiden.nl/

Buro Hogeland: http://www.burohogeland.nl/

Kamer Raad: http://www.kamerraad.nl/

Op mijn kamer: http://www.opmijnkamer.nl/

Rooming: http://www.rooming.nl/

Tweel Wonen: http://www.tweelwonen.nl/en

De Verhuur Makelaar: http://www.deverhuurmakelaar.nl/eng/index.htm

  1. 3.     Media Sosial

Selain pilihan menggunakan jasa agen, terdapat beberapa website khusus (meski ada yang hanya menggunakan Bahasa Belanda) untuk mahasiswa/pekerja yang memberikan informasi tentang tempat yang disewakan seperti http://kamernet.nl/, http://www.kamertje.nl/kamers_in_leiden, dan http://www.studentenkamers.nl/.  Untuk bisa mengakses informasi di website seperti ini, anda harus registrasi dan membayar (misalnya untuk akses 1 bulan atau beberapa hari).

Alternatif lain yang gratis adalah Facebook Page/Group. Anda bisa mendapat/mencari informasi tentang tempat tinggal di Leiden dengan cara bergabung di Facebook group seperti: Housing in Leiden, Leiden Housing, dan Rooms/Housing/Kamers Leiden University.

Satu hal penting yang perlu saya ingatkan adalah hati-hati dengan informasi scam (penipuan) yang biasanya banyak terdapat dalam website/page/group seperti ini. Informasi tentang scam dapat dibaca bagian kedua di bawah.

  1. 4.     Individu

Berdasarkan pengalaman banyak teman, informasi mengenai tempat tinggal di Leiden mereka dapatkan justru dari relasi pribadi/pertemanan/kenalan, jadi jangan pernah sungkan untuk bertanya kepada teman/kolega/dosen/kenalan/saudara anda yang sedang atau pernah tinggal di Leiden karena mereka juga bisa memberi informasi mengenai tempat tinggal yang disewakan. Terdapat pula beberapa orang Indonesia yang tinggal cukup lama di Leiden yang  pada kurun waktu tertentu menyewakan kamar di rumah mereka. Biasanya informasi mengenai persewaan kamar di rumah seperti ini tidak dipublikasikan secara formal karena informasi ini telah diketahui secara ‘turun-temurun’ atau juga ‘getok tular’ di kalangan mahasiswa/pekerja Indonesia yang ada di Leiden.

 

Apa yang perlu diketahui dalam mencari tempat tinggal?

 

Kategori Tempat Tinggal

Jenis tempat tinggal ada bermacam-macam. Apabila anda mengakses beberapa website yang saya berikan di atas, anda akan menjumpai berbagai pilihan yang ditawarkan seperti kamar, rumah, student house atau studio apartemen. Jenis ini juga terkait dengan jumlah penghuni yang tinggal di tempat tersebut. Beberapa jenis student house yang biasanya harganya murah (sekitar 300 euro ke bawah), bisa ditinggali oleh lebih dari 8 orang dan tentunya anda akan berbagi fasilitas kamar mandi/dapur/kamar cuci dengan mereka.

Dalam iklan tempat tinggal yang ditawarkan, anda akan melihat kategori “furnished” dan “unfurnished”. Furnished, atau gemeubileerd dalam bahasa Belanda, artinya kamar yang ditawarkan memiliki fasilitas seperti tempat tidur, karpet, meja/kursi, alat dapur, dll. Kategori furnished ini berbeda-beda antara tiap rumah/kamar/apartemen, jadi anda harus benar-benar teliti melihat apa yang ditawarkan. Kebanyakan kamar yang harganya murah biasanya “unfurnished” yang artinya anda harus menyediakan sendiri perlengkapan tempat tinggal anda. Jangan khawatir, anda akan dengan mudah membeli perlengkapan karena di Leiden terdapat beberapa toko barang second dengan kualitas barang yang masih bagus dan harga terjangkau (dan dapat anda jual lagi ketika anda akan pergi). Selain itu, apabila anda tergabung di FB page/group Housing in Leiden, dsb, anda akan menjumpai banyak ‘iklan’ barang-barang perlengkapan rumah yang dijual murah oleh mahasiswa yang (biasanya) akan pulang/ meninggalkan Leiden.

Kategori lain adalah “inclusief” dan “exclusief”. Inclusief artinya biaya sewa yang anda bayar sudah termasuk biaya gas, listrik, air (dan kadangkala internet). Apabila harga yang dicantumkan diikuti keterangan ”excl.” (exclusief) itu artinya harga sewa belum termasuk biaya gas, listrik, air, internet, yang berarti pengeluaran bulanan anda akan lebih besar dari harga yang tercantum.

Lokasi

Pastikan anda memperkirakan jarak lokasi tempat tinggal anda dengan kampus/tempat aktifitas anda sehari-hari. Sangat disarankan anda langsung membuka google map  untuk melihat lokasi tempat tinggal yang anda pilih dan jaraknya dari kampus anda. Hal ini penting mengingat pada saat musim dingin khususnya, apabila anda harus bepergian dengan sepeda, anda harus menempuh jarak tertentu menembus cuaca dingin Belanda yang seringkali terasa ‘menyiksa’ tubuh tropis kita. Ada baiknya juga anda cek apakah di dekat tempat tinggal ada terdapat halte bus, sehingga pada saat anda tidak naik sepeda, anda bisa dengan mudah menggunakan bus untuk bepergian.

Terdaftar/Tidak Terdaftar?

Meski saya sendiri kurang tahu persis dampak dari terdaftar/tidak terdaftarnya tempat tinggal kita, saya tetap menyarankan bahwa anda mengetahui apakah tempat tinggal anda terdaftar (registered) atau tidak. Sepengetahuan saya, ‘terdaftar’ artinya, pemilik tempat tinggal yang anda sewa telah melaporkan (dan membayar pajak) bahwa kamar/tempat tinggal mereka disewakan. Tempat yang tidak terdaftar artinya sang pemilik rumah tidak melaporkan bahwa kamar/rumah mereka disewakan. Hal ini berkaitan dengan urusan lapor diri & surat-menyurat resmi, khususnya bagi yang pertama kali ke Leiden.

Apabila anda datang untuk jangka waktu pendek (pertukaran/penelitian), hal ini mungkin tidak menjadi masalah sama sekali. Jika anda datang untuk jangka waktu panjang (sebagai mahasiswa reguler di Leiden), anda harus mendaftarkan diri di Balai Kota (Town Hall atau Gemeente) dan memberikan alamat tempat tinggal anda sambil membawa kartu ijin tinggal dan kontrak rumah. Jika tempat tinggal anda terdaftar, anda bisa mencantumkan alamat tempat tinggal anda untuk urusan surat menyurat resmi seperti Bank, Universitas, Perpustakaan, dll.

Fasilitas

Selain lokasi, jenis tempat tinggal, dan jumlah penghuni, ada baiknya anda cek terlebih dahulu fasilitas apa yang disediakan oleh tempat yang akan anda sewa. Tentu semua ini tergantung pada biaya sewa dan kategori tempat tinggalnya (furnished/unfurnished, dan exclusief/inclusief). Yang seringkali terlewatkan untuk dicek adalah adanya Mesin Cuci dan Internet.

Terdapat rumah yang tidak menyediakan mesin cuci, yang artinya anda harus pergi ke tempat laundry umum untuk mencuci pakaian anda. Ada juga rumah yang menyediakan mesin cuci, namun anda harus membayar sebelum menggunakan mesinnya.

Hampir semua rumah di Belanda memiliki jaringan internet, tapi tidak ada salahnya cek terlebih dahulu apakah tempat yang akan anda sewa memiliki jaringan internet dan apakah anda harus membayar untuk penggunaannya.

Biaya

Jika anda mendapatkan tempat tinggal melalui link universitas atau agen, yang perlu anda ketahui selain membayar biaya sewa per bulan, pada bulan pertama anda biasanya akan diwajibkan membayar deposit (kira-kira seharga biaya sewa 1 bulan). Uang deposit ini akan dikembalikan ketika kontrak anda berakhir dan anda akan meninggalkan tempat tersebut, namun apabila pemilik menemui kerusakan di tempat yang anda tinggali, uang deposit inilah yang dipakai untuk biaya ganti rugi.

Apabila anda menggunakan jasa agen, anda harus siap untuk membayar: biaya sewa, fee agen, dan deposit. Artinya, pada bulan pertama, pengeluaran anda untuk tempat tinggal akan sangat besar.

Jika anda beruntung, ada juga tempat tinggal yang pemiliknya tidak mensyaratkan deposit.

Waspada Penipuan (!)

Karena kita menggunakan internet untuk mencari informasi, kita harus sangat berhati-hati pada berita scam, atau penipuan yang dilakukan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.

Kasus scam yang saya temui terdapat di website kamernet.nl, kamertje.nl dan FB group Housing in Leiden & Leiden Housing.

Para penipu ini berkedok tuan rumah yang menawarkan tempat tinggalnya dengan disertai foto-foto tempat tinggalnya. Ketika kita mengontak dia untuk meminta informasi lebih lanjut dan ingin membuat janji untuk melihat tempatnya, dia akan bilang bahwa dia tidak tinggal di Belanda dan kita tidak bisa melihat tempatnya langsung. Dia juga akan mengirimi kita semacam formulir data diri yang harus kita isi, yang kadang kala disertai persyaratan fotokopi paspor. Sesudah itu dia akan meminta kita mengirim uang deposit terlebih dahulu, sebagai bukti untuk dia bahwa kita akan menyewa tempatnya & dia akan mengirimi kita kunci rumahnya. Berhati-hatilah dalam memberikan informasi pribadi anda dan jangan gegabah menandatangani atau mengirimkan uang sebelum anda memastikan kontrak sewa dan melihat langsung tempat yang akan anda sewa.

Yang perlu anda ketahui  dan pastikan sebelum melakukan transaksi pembayaran untuk sewa rumah :

  1. Pastikan anda melihat sendiri tempat tinggal yang akan anda sewa dan bertemu langsung dengan pemilik rumah untuk membicarakan kontrak sewa tempat tinggal.
  2. Pembayaran biaya sewa rumah/deposit dilakukan sesudah anda menandatangani kontrak/membuat perjanjian dengan pemilik rumah yang biasanya langsung diikuti dengan penyerahan kunci.
  3. Sebelum menandatangani kontrak, pastikan anda membaca peraturan dan ketentuannya secara detail. Apabila kontraknya dalam bahasa Belanda, pastikan anda mendapat terjemahannya dan memahami isinya dengan baik.
  4. Jangan memberikan fotokopi/scan paspor anda secara sembarangan. Hampir semua website resmi agen rumah yang saya tahu, tidak pernah meminta scan paspor dalam formulir pendaftaran mereka.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s