Masalah kesehatan dan keamanan

(Ibnuaa) – Kasus pelarangan penerbangan pesawat Indonesia ke Eropa menjadi topik diskusi PPI Leiden tadi sore (2/12) di rumah Pak Min, di Korenbloemlaan, Oegstgeest. Hadir pada diskusi tersebut 12 orang, termasuk Chelsia yang menjadi pembicara.

Chelsia yang lulusan Universitas Leiden 2005 bidang space law ini mengatakan bahwa larangan European Community (EC) terhadap maskapai Indonesia untuk terbang ke Eropa sepenuhnya karena persoalan standar keselamatan dan keamanan. Ia juga mengatakan, selain Indonesia ada maskapai negara lain yang juga dilarang terbang ke Eropa, di antaranya Congo, Kirgistan, Turki, dan Pakistan.

“Tetapi Pakistan sekarang sudah kembali diizinkan karena pemerintahnya segera menyelesaikan masalah itu,” katanya.

Chelsia menjelaskan masalah penerbangan di Indonesia bukan cuma masalah dilarangnya maskapai Indonesia untuk terbang ke Eropa. Masih banyak persoalan-persoalan lain yang seharusnya segera diselesaikan, seperti adanya maskapai internasional yang diizinkan menggunakan jalur domestik.

Terkait masalah standar keselamatan dan keamanan penerbangan Indonesia yang tidak memenuhi standar yang ditetapkan EC, ia menjelaskan bahwa EC sudah menyumbang bantuan sebanyak 7 miliar euro untuk seluruh negara Asean dan ada rencana untuk kembali menyumbang. “Hanya saja dari bantuan itu masih belum tampak progress,” ungkapnya.

Pernah juga Indonesia mengirim tim untuk membicarakan masalah ini. Hanya saja ada kendala dalam pembicaraan karena bahasa Inggris tim kurang bagus sehingga pembicaraan menjadi terhambat. Peserta diskusi sepakat bahwa masalah larangan penerbangan harus segera diselesaikan oleh pemerintah Indonesia karena ini berdampak ke bidang-bidang lain, seperti penerbangan domestik dan parawisata.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s