Bangun kesadaran HAM, Jaga jaringan

(Ibnuaa) – Rencana PPI Leiden menggelar seminar dan workshop Hak Asasi Manusia (HAM) kembali dimatangkan dengan mengadakan diskusi lanjutan. Diskusi kali ini diadakan di Hogewoerd 12, Leiden dan dihadiri oleh Putu, Nadia, Ella, Dimas, Angella, Fathan, Emil, Aan, Abi dan Tri.

Diskusi dimulai sekitar pukul 18:00 dengan penguraian beberapa masalah HAM di Indonesia oleh Abi, seperti kasus Timor Timur, stigmatisasi Partai Komunis Indonesia (PKI), kasus Tanjung Priok, kasus Semanggi dan kerusuhan Poso.

“Sebenarnya masih ada banyak lagi isu yang bisa dijadikan oleh temen-temen sebagai pemicu untuk mengawal secara serius masalah-masalah HAM di Indonesia sebut saja kasus Lumpur Lapindo, hukuman mati Tibo dan penganiayaan TKI,” tambah Putu salah seorang peserta diskusi.

Beberapa kasus HAM itulah, menurut Aan ketua PPI Leiden, yang membuat mahasiswa Indonesia di Leiden tergugah untuk menggelar pendidikan dan kempanye kesadaran HAM. Bentuk penyadaran itu akan dilakukan mulai dari skala yang lebih kecil yakni   masyarakat Indonesia di Leiden.

“Tentunya seminar dan workshop yang akan dilakukan pada tanggal 8 November itu juga merupakan salah satu agenda dari kampanye HAM,” jelas Tri. “Agenda besarnya kami berharap bahwa diskusi dan pelatihan-pelatihan tersebut nanti mampu memberikan angin perubahan yang lebih baik atas carut marutnya kondisi sosial politik di Indonesia.”

Nadia yang menjadi ketua Komisi HAM PPI Leiden menegaskan bahwa PPI Leiden juga akan terus berusaha menjaga hubungan baik dengan beberapa Non-Government Organization (NGO) di Indonesia dan dunia agar kesinambungan isu dan berita-berita terkait bisa ditangkap dan ditanggap dengan baik. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s