Prosedur legalisasi ijazah

(ibnuaa) – Tentu senang bagi Anda mahasiswa yang lulus kuliah dan bisa membawa pulang ijazah. Namun, sebelum ijazah itu Anda bawa pulang, saya sarankan Anda untuk melegalkan ijazah tersebut. Berikut ini adalah prosedur legalisasi ijazah:

1. Bawalah dokumen yang mau dilegalisasi ke IBG di Groningen.

2. Setelah dokumen tersebut dicap oleh IBG, bawalah dokumen tersebut ke kementrian luar negeri Belanda di Den Haag. Kantornya di samping nationaal archief, di samping kanan Stasiun Den Haag Centraal dari arah Leiden. Biaya per dokumen adalah 10 euro. Jangan lupa, layanan ini hanya buka dari pukul 9 pagi hingga 12 siang.

3. Selanjutnya, bawalah dokumen tadi ke KBRI di Den Haag untuk dicap. Di sini baiayanya agak mahal, yaitu 20 e per dokumen. Layanan ini buka dari pukul 9 hingga pukul 13.

4. Legalisasi dokumen di Belanda sudah selesai. Dianjurkan agar dokumen tadi untuk kembali dilegalisasi di Dikti di Jakarta.

Sebelum pulang ke Indonesia, Anda disarankan untuk mengakhiri akun bank Anda, juga kewargaan Anda. Untuk yang terakhir, datanglah ke balai kota.

Advertisements

2 Comments Add yours

  1. Charles Liem says:

    Manfaatnya apa ya?
    Kayaknya selain buat yg mau kerja di pemerintah atau BUMN, legalisasi hanya buang2 uang

    Like

    1. admin says:

      Memang benar legalisasi akan memakan biaya. Kalau dipandang disisi lain, legalisasi mungkin juga bisa bermanfaat jika akan melanjutkan sekolah di Indonesia.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s