Minggu-Minggu Awal

(Tita Alissa Listyowardojo) – Ada beberapa hal-hal penting (dan sangat birokratik tapi tetep harus dijalanin) begitu tiba di Leiden (or di Belanda lah). Sangat disarankan dalam minggu-minggu pertama setelah ketibaan, untuk membawa setiap surat penting kemana-mana bila ingin mengurus hal-hal di bawah ini. Karena biasanya tanpa satu jenis surat yang kita piker tidak penting, menghambat tercapainya tujuan.

Ke International Office (IO)
Ini diperlukan untuk memberitahu pihak Universitas bahwa kamu sudah datang. Ini penting sekali terutama buat yang mendapat beasiswa. Disini nanti pihak Universitas (seharusnya) akan membantu untuk melaporkan diri di Gemeente (town hall) untuk mendapatkan Residence permit. Semua hal yang menyangkut memulai program studi kamu bisa ditanyakan di hari pertama ini. Mulai dari Housing (bila mencari rumah dari International Office) sampai hal-hal praktikal seperti peta kota Leiden terkadang bisa didapatkan gratis. Jangan takut bertanya daripada menyesal dan harus balik lagi ke International Office.

International Office
Pieterskerkhof 6
NL-2311 SR Leiden
The Netherlands
T: +31 71 527 7287
F: +31 71 527 7298
Opening Hours
Mon-Fri 9.00-17.00
Student Contact Hours:
Mon-Fri 11.00-15.00
study@io.leidenuniv.nl

Buka Bank Account
Untuk tinggal di Belanda, kita semua akan (dan pasti) melakukan transaksi jual-beli, bayar-dibayar, dan sebagainya. Entah itu di supermarket, di toko, untuk bayar sekolah, menerima beasiswa, bayar bill telepon, bayar housing. Maka dari itu, memiliki Dutch Bank Account itu sama pentingnya seperti punya housing. Biasanya bank-bank yang bekerja sama dengan Universitas untuk membuka bank rekening untuk International students adalah ABN AMRO dan kadang-kadang Rabobank.

Yang perlu dibawa untuk membuka rekening secara general: surat dari Universitas (admission letter atau enrollment) dan paspor. Tentunya bila punya surat-surat penting lainnya yang berhubungan dengan pendidikan seperti surat dari pemberi beasiswa sangat disarankan untuk dibawa.

Ada beberapa kasus di masa lalu dari beberapa teman-teman Indonesia yang terhambat membuka bank karena harus memiliki Dutch security number (sofi number). Tentunya hal ini akan sulit karena biasanya untuk bisa mendapatkan Sofi number dibutuhkan residence permit. Sedangkan kartu residence permit baru jadi kurang lebih 4-8 minggu setelah kita mendaftarkan diri di Gemeente. Bila masalah ini terjadi, sangat baik bila melaporkan ke IO dan minta bantuan untuk membuka rekening. Tips kecil, cobalah kembali di lain hari dengan pekerja yang berbeda karena hasilnya mungkin berbeda. Atau mencoba ke bank lain.

Biasanya Bank akan memilihkan langsung kartu ATM werelpas yang artinya bisa mengambil uang di semua mesin ATM dengan mata uang Euro (di seluruh Eropa) tanpa ada extra fee. Bila tidak, mintalah. Dan biasanya akan dibuatkan 2 jenis accounts: personal dan saving. Personal adalah account yang aktif dan yang digunakan oleh nomor di kartu ATM. Saving lebih digunakan untuk tabungan. Saran pribadi, lebih baik taruhlah uang yang tidak terlalu banyak di personal account, dan sisanya di saving account.

Internet banking adalah keharusan! Maka mintalah ke bank anda di saat membuka rekening. Bila ditolak, besok balik lagi dan bicara ke orang yang berbeda. Niscaya pelayanannya akan berbeda pula.

Alamat:
ABN AMRO
Leiden, Breestraat – 0900-0024 (tarif lokal)
Leiden, Bergmolen 2 – 0900-0024 (tarif lokal)
Leiden, Stationsweg 31-33- 0900-0024 (tarif lokal) – Sabtu buka 10.00-16.00
Oegstgeest, De Kempenaerstraat 1 – 0900-0024 (tarif lokal)
Leiderdorp, Statendaalder 39 – 0900-0024 (tarif lokal) – Sabtu buka 10.00 – 13.00

Rabobank
Stationsweg 37-39, Leiden
Van Diepeningenlaan 13a, Leiderdorp
Korevaarstraat 19, Leiden
Lijtweg 15, Oegstgeest

Pendaftaran Surat Ijin Tinggal (Residence Permit)
Setelah kita melaporkan kedatangan kita ke IO, kita akan didaftarkan meeting dengan pihak Gemeente untuk membuat Residence Permit kita. IO akan memberikan informasi dokumen-dokumen apa saja yang perlu dibawa. Salah satunya adalah Akte kelahiran asli dan terjemahannya yang sudah dilegalisir oleh notaris. Sebaiknya juga disiapkan uang tunai untuk membayar Residence Permit. Biasanya kartu Residence Permit ini jadi 4-6 minggu. Dengan kartu ini, kita bisa jalan-jalan keliling negara2 Schengen tanpa visa.

Alamat town hall Leiden:
Burgerzaken (Civil Affairs) Department, Monday-Friday 08.30 to 15.00
Stadhuisplein 1, Leiden
P.O. Box 9100, 2300 PC Leiden
Phone: +31 (0)71 516 5165
Fax: +31 (0)71 516 5611

Lapor diri dan ganti alamat ke KBRI
Sangat disarankan (!!!) untuk sesegera mungkin lapor diri. Sesegera mungkin itu maksudnya yah kurang lebih 1-2 bulan setelah ketibaan lah, daripada kena semprot kbri.

Lapor diri
Lapor diri ini sangat penting bila kita jalan-jalan ke Italia dan dijambret dari uang hingga paspor. Karena sudah mendaftarkan diri ke KBRI, akan lebih mudah untuk meminta paspor yang baru. Kalau belum lapor diri mungkin prosesnya akan lebih rumit, susah, lama, kena konsekuensi moral pula alias ditanya kenapa tidak lapor diri lebih awal. Nah daripada susah mencari jawabannya, lebih baik lapor diri kan. Sekalian jalan-jalan di Den Haag. Kebutuhan lapor diri ini juga penting untuk mensupport sensus orang Indonesia di luar negeri. Dokumen-dokumen yang perlu dibawa: formulir lapor diri (tersedia di KBRI), paspor asli, selembar foto 4×6 berwarna.

Ganti alamat
Ini penting kalau anda mau pulang ke Indonesia dan balik lagi ke sini untuk mendapatkan BEBAS FISKAL di airport Indonesia. Tidak perlu dijelaskan lebih lanjut tentunya. Dokumen-dokumen yang perlu dibawa: formulir ganti alamat (bisa ambil di KBRI), paspor asli, surat keterangan (asli dan terbaru) terdaftar sebagai penduduk di suatu Gemeente (town hall) dengan menyebutkan kewarganegaraannya (International Uittreksel van bevolkingsregister met vermelding v.d. nationaliteit), fotokopi kartu ijin tinggal (verblijfvergunning), fotokopi akte kelahiran.
Untuk keterangan lebih jelas dan lengkap, silahkan ke  HYPERLINK “http://www.indonesia.nl” http://www.indonesia.nl. Di menu ‘Site map’(bottom down) tersedia banyak informasi yang berguna selama kita disini.

Alamat:
Tobias Asserlaan 8, 2517 KC The Hague
+31-070-3108 100/176/177
Monday – Friday: 09.00 – 13.00 and 14.00 – 17.00

One Comment Add yours

  1. nugroho trisnu brata says:

    trimakasih informasinya…..info ini sangat penting bagi kami mahasiswa2 yg sedang s3 di indonesia dan mendapat beasiswa sandwich-like tahunh 2012 kami rencana berangkat tgl 1 oktober 2012 ……tujuan kami di institute of cultural anthropology & development sociology, faculty of social and behavioural sciences, universiteit leiden…..salam

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s