Makanan & Makan

(Tita Alissa Listyowardojo) – Di mana sih tempat beli makanan yang murah? Makanan apa yang enak? Temukan tempat makan dan belanja yang pas di Leiden!

Open markt

Setiap hari Rabu dan Sabtu mulai jam 9.00-17.00, ada open markt (pasar terbuka) yang menjual beraneka ragam kebutuhan sehari-hari dari roti, keju, sayur-mayur, daging, ikan, buah-buahan, sampai pakaian, kebutuhan sepeda, dan kebutuhan rumah tangga. Harga yang ditawarkan terkadang lebih murah dari supermarket, terutama untuk daging dan sayur-mayur. Letak open markt ini di sepanjang jalan nieuwe rijn di belakang town hall. Perlu diketahui, di pasar terbuka ini, produk-produknya tidak bisa ditawar (walaupun ada kegatalan untuk menawar, disarankan untuk tidak menawar daripada dimarahin penjual). Tetapi, bila sudah mendekati jam tutup (17.00) ada beberapa kawan yang pernah mendapatkan produk-produk makanan (seperti buah-buahan dan sayur-mayur dan daging) dengan harga yang sangat miring atau bahkan gratis. Hal ini tidak pasti terjadi tapi boleh dicoba. Kenapa begitu? Karena biasanya penjual-penjual itu tidak ingin membawa kembali sayur-mayur/buah-buahan/daging yang biasanya bisa membusuk dan tidak layak jual lagi minggu depannya. Jadi lebih baik untuk ‘get rid off’ semuanya daripada susah payah membawa pulang lagi.

Supermarket di Leiden

Kebutuhan sehari-hari umumnya tersedia lengkap di supermarket, jadi tidak perlu menunggu hari pasar untuk berbelanja. Pada dasarnya, di Leiden ada beberapa supermarket: ALDI, Hoogvliet, Super de boer, Albert Heijn, Dekamarkt, Digros, dan C1000. Tapi yang agak-agak mendominasi pasar (terutama pasar student) biasanya adalah ALDI, Hoogvliet, Digros, dan kadang Albert Heijn.

Tiap supermarket tentunya punya kelebihan dan keunikan masing-masing (namanya aja saingan toh). Seperti misalnya ALDI biasanya menyediakan produk sehari-hari yang tidak terlalu bervariasi, tapi harganya murah. Keju, beras Suriname, sayur-mayur sederhana (brokoli, kembang kol, buncis, wortel), bakmi mentah, susu, daging (ayam, sapi, babi), buah (pisang, jeruk, apel), bisa ditemukan disini. Tentunya kualitasnya akan berbeda bila dibandingkan dengan ALBERT HEIJN (AH). Di AH ini, bisa ditemukan banyak produk dengan merk terkenal (yah walaupun bahkan saya yang sudah agak lama dibelanda tetap tidak tahu yang mana sih merk terkenal itu) dan tentunya kita bisa mengharapkan kualitas yang lebih baik (dan harganya pun ikutan ‘lebih baik’). Di AH ada sistem bonus. Tinggal bikin kartu bonus gratis, bisa dapat diskon yang lumayan untuk produk-produk tertentu yang berlabel “BONUS” setiap harinya.

Supermarket yang rada menengah itu adalah Hoogvliet atau Digros. Keunikan Hoogvliet adalah, biasanya mereka menyediakan produk tertentu yang bisa didapatkan gratis dengan mengumpulkan bon pembelian yang dibelakangnya tertera beberapa kupon. Nanti kalau kupon itu dikumpulkan hingga jumlah tertentu (biasanya 12 kupon), bisa ditukarkan dengan produk yang sedang dipromosikan dengan GRATIS! Tidak seperti supermarket di Indonesia yang hanya menawarkan sabun cuci batangan murah, terkadang Hoogvliet menawarkan produk-produk seharga 1 euro sampai 7 euro, seperti body lotion, shampoo, sabun cuci baju, produk pembersih, dll. Bila sering dilakukan, lumayan menghemat belasan bahkan mugkin puluhan euro setiap bulannya (pengalaman pribadi nih). Walaupun Digros tidak memiliki program “kumpulkan kupon” seperti Hoogvliet atau kartu bonus seperti AH, tapi Digros punya produk yang lebih lengkap dan bervariasi dengan harga yang lumayan terjangkau.

Untuk diingat, supermarket tidak menyediakan plastik gratis untuk membawa belanjaan. Biasanya mereka menyediakan plastik tas untuk dijual antara 9 cents (di ALDI) sampai 15 cents (AH) untuk tas plastic biasa. Untuk tas yang lebih kuat lagi harganya bisa mencapai 1 euro lebih (tapi bisa dipakai bolak-balik). Maka dari itu, janganlah lupa untuk membawa plastik belanja sendiri.

Supermarket, alamat, dan jam buka (untuk alamat, bisa dicek di www.maporama.com).

Albert Heijn -Hooigracht 85
-Vijf Meiplein
Senin-Jumat 08.00-22.00
Sabtu 08.00-20.00
Minggu buka
Aldi -Garenmarkt
-Lange Gracht
Senin-Jumat 09.00-18.00
Kamis 08.00-20.00 Sabtu 08.00-17.00
Dekamarkt -Levendaal 140 Senin-Jumat 08.00 till 20.00
Sabtu 08.00-17.00
Digros -Langegracht 3 Senin-Jumat 08.00-20.00
Kamis 08.00-22.00
Hoogvliet -Levendaal 20 Senin-Rabu, Sabtu 08.00-20.00
Kamis-Jumat 08.00-20.00
Super de Boer -Stationsweg 44
-Lange Mare 76
Senin-Jumat 08.00-22.00
Minggu buka
C 1000 -Herenstraat 43
-Lange Mare 78
Senin-Jumat 08.00-20.00
Sabtu 08.00-18.00

Ps. Di dalam station kereta Leiden Centraal, ada supermarket kecil AH yang menjual makanan siap santap (seperti pizza, roti, sandwich) dan buka setiap hari. Di awal jalan Breestraat, ada sebuah toko yang buka sampai jam 12 malam.

Rumah makan yang terjangkau

Tidak semua orang yang datang ke belanda sudah berbekal kemampuan memasak yang mencengangkan (termasuk saya ….ehm). Maka dari itu, ada kalanya makin sering memasak, makin tidak enaklah hasil masakan sendiri (seperti saya….ehm), atau bosan (sangat saya!). Maka perlu mengetahui tempat makan yang murah dan terjangkau supaya mungkin bisa makan seminggu sekali lah paling nggak. Tongue make up!

Leiden diberkahi oleh banyak jenis makanan dari seluruh dunia seperti Chinese, Indonesia, India, Yunani, Italia, Perancis, International, dan masih banyak lagi. Mulai dari gado-gado sampai daging kangguru. Sayangnya rumah makan atau restaurant bisa dibilang termasuk cukup mahal di leiden. Sekali makan di restaurant mungkin sekitar 15-35 euro tergantung makan apa dan dimana. Tetapi, untungnya, ada beberapa snack bar dan tempat makan yang cukup terjangkau bila kangen makan diluar.

Misalnya seperti EAZIE di breestraat dan di stationweg (untuk map: www.maporama.com), atau snack bar SHOARMA yang tersebar di seluruh Leiden. Contoh lain misalnya Food XL di Breestraat yang bisa kenyang buanget dengan hanya 5 euroan. Untuk info selengkap-lengkapnya mengenai restaurant di leiden: http://dinnersite.nl/zoek.php?lng=nl&p=1&naam=&plaats=leiden&prov=&keuken=&prijs=&submit=Zoeken.

Karena Leiden hanya 15 menit away by train dari Den Haag (The Hague), bolehlah sesekali berkunjung untuk makan di restaurant di Den Haag yang harganya relatif lebih rendah, terutama untuk rumah makan Chinese seperti Fat Kee, Wing Kee, dan Kee Kee lainnya.

Selamat makan!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s