Kring, Kring, King ada sepeda roda dua

(Aki Baihaki) – Sepeda menjadi alat transportasi vital di Belanda, terutama di Leiden, karena sarana transportasi yang satu ini justru terbukti paling efisien dan efektif untuk bergerak sekeliling kota. Bagaimana cara mencari sepeda yang pas?
Sepeda menjadi alat transport paling efektif karena kemampuannya untuk melintas gang-gang sempit dan juga arus lalu-lintas di jalan raya. Belanda mungkin salah satu negara di dunia yang sangat ramah terhadap pengendara sepeda. Jalan-jalan besar pun memiliki lajur khusus untuk mereka yang senang menggenjot pedal. Jalur-jalur sepeda khusus biasanya dilengkapi dengan penunjuk arah ke kota-kota besar dilengkapi dengan perkiraan jarak. Jalur sepeda ini menghubungkan seluruh Belanda. Jadi Anda dapat dengan mudah mengikuti jalur sepeda untuk ke Amsterdam atau ke Den Haag jika Anda memiliki betis luar biasa kuatnya.
Jaringan bus yang biasanya menjadi andalan masyarakat luas sebenarnya sangat nyaman dan tidak berdesak-desakan atau penuh copet seperti di kota-kota besar Indonesia. Tapi harga tiket yang relatif mahal dan juga lama waktu menunggu membuat pilihan sarana ini menjadi tidak seefektif sepeda. Apalagi kebanyakan tempat tujuan mahasiswa (kampus, kafe, dll) biasanya lebih banyak terdapat di tempat-tempat jauh dari jalur bus.

Sepeda Model Apa?

Jangan heran kalau melihat kebanyakan jenis sepeda yang digunakan di Belanda adalah sepeda jenis klasik. Sepeda jenis ini jika di Indonesia biasa disebut “sepeda kumbang”, “sepeda tukang ikan”, atau “sepeda tukang sayur”. Di Belanda sendiri sepeda jenis ini disebut “oomafiets” (sepeda nenek-nenek). Entah karena modelnya yang sudah tua (seangkatan dengan nenek-nenek) atau memang wanita lansia di Belanda begitu perkasa karena mampu menangkringi sepeda model ini.
Oomafiets biasanya memiliki kerangka yang besar dan tinggi dengan roda besar. Kemungkinan besar model ini disukai di Belanda karena tipe sepeda seperti ini memperbolehkan pengendaranya duduk tegak (tidak membungkuk seperti posisi menaiki BMX atau mountain bike). Ini sangat membantu dalam menjaga kenyamanan bersepeda jarak jauh atau frekuensi tinggi.
Jadi jangan malu jika Anda mendapat tawaran sepeda macam begini karena Anda akan memiliki teman seisi kota–baik laki-laki ataupun wanita–yang menaikinya. Namun jenis-jenis sepeda lainnya di Belanda mudah didapatkan. Bahkan Anda mungkin melihat banyak sekali modifikasi sepeda di sini dari mulai bakfiets (sepeda dengan bak besar di depan) hingga ke sepeda tandem tiga.

Beli di Mana?

Jika Anda menyukai barang baru, jelas ada banyak toko sepeda di seluruh Leiden. Harga sepeda di sini boleh dibilang relatif mahal. Sepeda baru biasanya dimulai dari harga sekitar 100 Euro hingga ke ribuan Euro. Sepeda modifikasi (seperti bakfiets) bisa dihargai sekitar 800-1000 Euro. Sepeda gunung sedang tanpa aksesoris biasanya dapat diperoleh sekitar 100 Euro.
Mayoritas mahasiswa di sini tentunya mencari sepeda bekas. Komposisi Leiden yang memiliki banyak mahasiswa internasional memungkinkan kemudahan mencari sepeda bekas ini. Harganya pun bervariasi bisa dari sekitar 20-100 Euro. Harga tengah sepeda bekas biasanya 50 Euro. Ini biasanya sepeda jenis oomafiets. Beli sepeda bekas biasanya bisa dicari online seperti marktplaats.nl dan sebagainya. Beberapa toko sepeda juga memiliki bagian sepeda bekas. Intinya adalah berani tanya ke toko-toko tersebut.
Namun ada beberapa toko sepeda bekas yang cukup populer karena harga mereka yang bagus seperti toko sepeda di Morsstraat. Groennoordhaalen biasanya setiap akhir pekan memiliki pasar lelang (pasar loak) yang juga menjual sepeda bekas. Bahkan di sini Anda mungkin bisa mendapatkan sepeda seharga 25 Euro-an.

Tips Antimaling

Pencurian sepeda merupakan kejahatan kecil-kecilan di Belanda yang paling sering. Berikut tips-tips menjaga sepeda Anda agar tidak kecolongan:

 

  1. Parkir di tempat resmi parkir sepeda
  2. Dianjurkan menggunakan dua gembok
  3. Gembok dan rantai sepeda Anda ke benda statis yang kuat seperti tiang lampu jalan, pohon dsb.

Jika Anda membeli sepeda baru, mungkin ada baiknya Anda mengeluarkan kocek sedikit untuk membeli asuransi sepeda. Jika Anda tinggal di Leiden, asuransinya sekitar 30 Euro per tahun dan 15 Euro jika Anda tinggal di Oegstgeest. Jika Anda kemalingan, maka asuransi akan menggantikan dengan sepeda baru. Beberapa orang juga sengaja mengecat sepeda mereka dengan warna-warna yang tidak menarik untuk menghindari kemalingan.

Aman Bersepeda

Carilah buku panduan bersepeda yang aman di Belanda atau ajak teman Anda yang sudah tinggal lama di Belanda untuk jalan-jalan bersama naik sepeda. Jangan lupa patuhi rambu-rambu sepeda dan rambu jalan raya yang ada. Walaupun sepeda biasanya memiliki prioritas utama ketimbang sarana transportasi lainnya, ada saja pengguna jalan raya yang gegabah. Utamakan keselamatan Anda dengan berhati-hati dan tetap waspada.
Jika Anda hendak berbelok, jangan lupa berikan tanda yang cukup sebelum menikungkan sepeda Anda. Cukup bentangkan lengan kanan Anda ke samping untuk belok kanan dan metode yang sama dengan lengan kiri untuk lawannya. Lampu depan dan belakang sepeda adalah kemutlakan pengendara sepeda. Jika Anda mengendarai sepeda di waktu gelap (sore dan malam) tanpa lampu lengkap, polisi akan mendenda Anda 30 Euro di tempat. Anda juga dapat menggunakan lampu sepeda yang dapat ditempel di baju atau tas Anda asal terlihat jelas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s