Di mana belajar bahasa belanda?

(Aki Baihaki) – Banyak tempat menawarkan kursus bahasa Belanda namun terkadang mahalnya bukan kepalang. Artikel ini menuntas di mana tempat paling pas untuk Anda dan kantong Anda.

Language Center

Pusat Bahasa Universitas Leiden ini menawarkan berbagai kursus bahasa. Untuk kursus bahasa Belanda, Anda harus memilih “Dutch as a second language” course. Instruksinya dalam bahasa Inggris.

Kursus bahasa Inggris untuk persiapan test TOEFL/IELTS juga tersedia bagi yang masih ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrisnya. Ini tidak dikenakan biaya karena dapat dimasukkan dalam kurikulum studi mahasiswa.

Untuk kursus bahasa lainnya (misalnya Perancis, Jerman, dll), bahasa Belanda digunakan sebagai alat komunikasi belajar-mengajar.

Sayangnya walau difasilitasi universitas, kursus bahasa Belanda di sini SANGAT mahal. Bahkan lebih mahal dari tempat-tempat lainnya yang dituliskan di sini. Saat ditanya alasannya, jawaban dari pihak Pusat Bahasa hanya mengatakan ini sudah instruksi dari atasan.

Kemungkinan hal ini berkaitan dengan batasan perihal keimigrasian Belanda. Persyaratan imigrasi dan naturalisasi (memperoleh kewarganegaraan Belanda) adalah lulus tes bahasa Belanda.

Sebagai gambaran, kursus intensif bahasa Belanda 10 minggu di lembaga ini dikenakan biaya EUR500.

Website: http://www.languagecentre.leidenuniv.nl/index.php3?m=1&c=7

International Center

Pusat International adalah lembaga yang bertujuan membantu para peneliti tamu, mahasiswa postgraduate, staff kampus dan keluarganya. Salah satu jasa yang mereka tawarkan adalah kursus bahasa Belanda. Namun mereka kadang menerima siapa saja untuk kursus bahasa sekiranya masih ada tempat yang kosong.

Biaya yang dikenakan di tempat ini relatif murah dan tentunya JAUH lebih murah ketimbang di Language Center.

Website: http://www.universityguesthouse.leidenuniv.nl/index.php3?m=3&c=6&garb=0.8305606735686581&session=

ROC Leiden

ROC adalah sejenis Pusat Kemasyarakatan (Community Center) yang didirikan di beberapa lokasi regional di seluruh Belanda. Fungsi utama mereka adalah  meningkatkan sumber daya penduduk dan keterampilan masyarakat di sekitarnya. Mereka menawarkan berbagai kursus dan pelatihan dari mulai bengkel hingga ke yoga.

Sejauh ini, ROC merupakan tempat yang paling murah untuk mengikuti kursus bahasa Belanda.

Info selengkapnya: http://www.rocleiden.nl/taalschool/home.html (dalam bahasa Belanda).

Belajar Sendiri

Jika Anda lebih senang menghabisi waktu senggang Anda untuk belajar bahasa, ada banyak cara untuk melatih diri Anda bercuap-cuapdalam bahasa Belanda. Enaknya, belajar sendiri tidak dikenakan biaya!

Berikut adalah beberapa link ke halaman belajar bahasa Belanda mandiri:

Language center laboratory
Fasilitas kampus Leiden ini memiliki bahan pelajaran untuk 50 bahasa di dunia. Dengan menunjukkan kartu mahasiswa, Anda bisa menggunakan fasilitas seperti kaset, CD, buku dan lain-lainnya gratis.

http://www.languagecentre.leidenuniv.nl/index.php3?m=131&c=139&garb=0.7709945674023476&session=

Taalthuis
Adalah sebuah situs berisikan kursus mandiri bahasa Belanda bagi pemula dan menengah. Selain materi yang terstruktur baik, situs ini juga diperkaya dengan file suara sehingga Anda dapat mendengarkan contoh bunyi pengucapan kata.

http://www.taalthuis.com/course

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s