Halo? halo? kok mahal amat?

(Aki Baihaki)

Tips Komunikasi Murah A La Mahasiswa

Rindu keluarga, teteh, adik, kakek, ummi dsb adalah bagian dari fenomena perantau. Mendengar suara orang yang Anda kasihi tentunya obat paling manjur untuk merasakan kedekatan nan jauh. Di sini Anda bisa temukan tips berkomunikasi ekonomis!

Sayangnya biaya komunikasi di Belanda (dan beberapa negara Eropa) terhitung sangat mahal bagi negara maju. Biasanya di negara maju (Singapore, Amerika, Kanada, dll) biaya komunikasi dan seluler bisa lebih murah daripada membeli kacang goreng, balon tiup atau coklat ayam jago. Menelpon ke Indonesia lewat SLI bisa membuat kantong Anda kempes dalam hitungan menit. Kirim SMS ke luar negeri lewat HP Anda biasanya sekitar 50-60 sen sekali kirim (sekitar 5000 rupiah).

Ada banyak cara untuk bisa berkomunikasi audio (cuap cuap) murah dan tentunya dengan adanya Internet hal ini bahkan makin lebih mudah dan murah dilangsungkan ketimbang memencet tombol telpon menggunakan SLJJ atau SLI. Telpon lewat Internet (bahasa kerennya VoIP–Voice Over Internet Protocol) bisa memotong ongkos bicara hingga 90%. Namun ada juga kombinasi keduanya yang bisa Anda pilih sendiri, kita hadirkan di sini untaian pilihan dari yang paling murah hingga ke yang agak mahal.

Cuap-cuap Lewat Messenger (Yahoo, MSN, Gtalk, Skype dll)

Ini cara yang paling murah untuk bisa ngomong dengan lawan bicara Anda nan jauh di sana. Karena Internet di sini relatif murah dan berkecepatan tinggi, ini adalah metode paling pas untuk Anda yang tidak mau keluar biaya tambahan. Biasanya biaya Internet sudah termasuk dalam sewa rumah Anda di sini. Cuma yang harus diperhitungkan adalah lawan bicara Anda juga harus terhubung dengan Internet dan memiliki kecepatan yang bagus agar kualitas suara bagus. Jika kapasitas sambungan Internet (ato biasa disebut “bandwidth”) rendah, maka gangguan dapat muncul seperti bunyi “kresek-kresek”, suara terlalu pelan, atau suara terlambat sampai (delay) yang lama.

Sekarang kebanyakan messenger juga dilengkapi dengan video conferencing. Nah dengan ini Anda bisa bercakap-cakap sambil melihat tampang lawan bicara. Tentunya bandwidth yang dibutuhkan juga meningkat.

Jika Anda baru mengenal yang namanya messenger, ini adalah software chatting yang memungkinkan dua orang atau lebih untuk bercakap-cakap dengan ketikan (chat), suara (audiochat) dan juga video. Biasanya Anda harus mendownload softwarenya dan menginstal di komputer Anda lalu membuat account. Lawan bicara Anda juga harus melakukan hal yang sama.

Beberapa messenger yang populer:

MSN Messenger http://get.live.com/messenger/
Yahoo Messenger http://messenger.yahoo.com/download.php
Skype http://www.skype.com
Gtalk http://www.google.com/talk

Layanan VoIP Swasta

Banyak perusahaan-perusahaan Internet kini menawarkan jasa VoIP dengan tarif yang amat rendah dan bersaing. Dengan layanan ini, Anda bisa menelpon orang (telpon rumah atau HP) lewat Internet. Yang Anda butuhkan hanya komputer, software, Internet, headset (mic dan earphones). Atau jika Anda mau mengorbankan sedikit uang, Anda juga dapat membeli telpon set untuk VoIP sehingga Anda bisa menelpon bak menggunakan telpon biasa tanpa harus menghidupkan komputer.

Tentunya ada banyak perusahaan VoIP swasta yang bisa Anda temukan di Internet namun kita hadirkan di sini dua yang mungkin berguna dan murah.

Skype

Jasa yang paling terkenal adalah Skype (http://www.skype.com). Skype berfungsi sebagai voice chat dan kini di Eropa bahkan dipergunakan sebagai jalur komunikasi resmi perbisnisan dan pemerintahan. Banyak instansi-instansi yang mencantumkan account Skype mereka sebagai sarana komunikasi. Sayangnya tarif Skype termasuk yang sedikit mahal (walaupun masih terhitung lebih murah dibandingkan telpon konvensional atau HP).

Layanan Skype untuk menelpon ke telpon konvensional dan HP disebut “Skype Out”

Skype juga memiliki fungsi pengiriman SMS. Tarif SMS ke Indonesia sekitar 11 sen.

Contoh tarif Skype ke Indonesia (termasuk pajak):

HP     € 0.144
Jakarta     € 0.038
Indonesia (selain Jakarta)    € 0.086
SMS € 12.7 sen

Harga lengkap terakhir dapat dicek di sini.

Tarif Skype yang lebih mahal sebenarnya sedikit wajar karena kualitas suara mereka memang biasanya lebih bagus daripada layanan-layanan lain.

Untuk menelpon telpon rumah di Belanda, Skype tidak mengenakan biaya jika Anda menelpon dari Belanda dan Anda memiliki account Skype Pro.

12VoIP

Sejauh ini 12Voip adalah perusahaan VoIP termurah yang kami temukan. Mirip dengan Skype, Anda juga harus mendownload software ke komputer Anda. Tapi website mereka juga dapat digunakan untuk mengirim SMS.

http://www.12voip.com

Contoh tarif 12Voip ke Indonesia (termasuk pajak):

Landline (telpon rumah) € 0.024
HP   € 0.107
SMS € 6 sen (jika sedang promo hanya 1.2 sen)

Tarif lengkap dapat dilihat di sini.

12VoIP juga memberikan Anda telpon gratis ke banyak negara (sayangnya tidak ke Indonesia) selama Anda masih memiliki kredit.

Yahoo Phone Out

Yahoo Messenger juga mengeluarkan jasa seperti Skype Out yang mereka sebut “Phone out”. Jika Anda mendownload messenger software versi terkini, fungsi ini sudah terintegrasi. Anda tinggal membeli kredit phone out untuk dapat menelpon ke telpon konvensional.

Contoh tarif Yahoo (dalam USD):

Indonesia              $0.090
Indonesia, Jakarta     $0.039
Indonesia, Mobile        $0.152
Indonesia, Surabaya     $0.079

Tarif lengkap.

Advertisements

2 Comments Add yours

  1. Diana Putri says:

    Artikelnya sangat bermanfaat, terimakasih karena sudah mau share untuk kita

    Like

  2. Diana Putri says:

    Artikelnya sangat bermanfaat, terimakasih karena sudah mau share untuk kita 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s