Transportasi

(Tita Alissa Listyowardojo – updated) – Sampai di Belanda, hal pertama yang harus kita pelajari adalah sistem transportasi dalam negerinya yang jelas-jelas berbeda dengan yang kita punya di tanah air. Jenis-jenis transportasi di Leiden adalah bis, kereta api, dan sepeda! Biar lancar dan tidak malu pas jalan-jalan, read on dong….

Bis

Di Belanda, bisnya tepat waktu banget nget. Jadi, mendingan datang lebih awal daripada ketinggalan dan harus nunggu lagi. Lewat website ini:  HYPERLINK “http://www.9292ov.nl” http://www.9292ov.nl, anda bisa mendapatkan jadwal bis setiap saat.

Cara pembayaran untuk naik bis atau naik kereta adalah dengan menggunakan OV-chipkaart. OV-chipkaart ada 2 macam, yaitu yang anonim dan personal. OV-chipkaart bisa dibeli di stasiun, di toko-toko buku dan di supermarket. Setelah membeli kartunya, kamu bisa mengisi saldo kartu itu. Kalau untuk naik bis, minimal saldo yang dibutuhkan adalah 4 euro, sedangkan untuk naik kereta minimal 20 euro (atau 10 euro bagi yang punya discountcard buat naik kereta).

Cara kerja OV-chipkaart ini mudah. Setiap kali kamu masuk ke bis atau kereta, jangan lupa check-in, yaitu dengan mendekatkan kartunya ke alat pendekteksi OV-chipkaart. Setiap kali kamu masuk, saldonya akan dikurangi secara otomatis. Seperti yang dijelaskan di bagian sebelumnya, waktu check-in saldo di kartu akan dikurangi otomatis dengan 4 euro untuk bis atau 10/20 euro untuk kereta. Jangan lupa check-out sebelum turun dari kendaraan karena ada uang kembaliannya. Sisa saldo akan dikembalikan sesuai dengan seberapa jauh kamu menggunakan jasa kendaraan umum itu.

Jangan lupa check-in and check-out loh. Ingat-ingat, sering terjadi pemeriksaan mendadak, jadi mendingan bayar, daripada kena denda 35-55 euro.

Kereta api

Nah…kereta api ini transportasi paling tokcer sebelanda. Selain karena tempatnya nyaman, bisa menjangkau hingga ke kota-kota kecil di Belanda, termasuk yang jauh kayak saya di Groningen.

Jadwal kereta api, lengkap dengan harga karcis, jalurnya, pindah-pindahnya, dan lama perjalanan bisa didapatkan dengan gratis di:  HYPERLINK “http://www.ns.nl” http://www.ns.nl (ada pilihan bahasa inggrisnya lho!). Tiket kereta bisa dibeli di loket di seluruh stasiun, atau di mesin beli karcis (itu lho mesin2 yang warnanya kuning di stasiun). Bila ingin membeli tiket di mesin, bisa dibayar dengan PIN-bankcard, atau dengan koin. Jangan lupa memilih menu dalam bahasa Inggris kalau masih belum terlalu mengerti Belanda. Atau kalo punya OV-chipkaart, tinggal ‘blip’ aja di mesin deteksinya.

Secara umum, biasanya orang-orang punya yang namanya KORTINGKAART. Dengan kartu ini, anda bisa mendapatkan korting sebanyak 40% dari harga full tiket. Harga kortingkaart ini 55 euro untuk setahun. Tapi percayalah, kalau anda sering berjalan-jalan ke Den haag, balik modal kok! Untuk membeli kortingkaart bisa di loket-loket di stasiun. Sangat disarankan untuk membuat kartu korting ini. Atau carilah yang mau menghibahkan. Jangan lupa pula bahwa korting 40% dengan kartu ini hanya berlaku sesudah jam 9 pagi. Tapi selama weekend, berlaku dari pagi sampai pagi lagi. Kecuali di saat summer, korting kaart berlaku juga sebelum jam 9 pagi.

Informasi tambahan, bila anda mau menginap di kota lain selama weekend, anda bisa membeli WEEKENDRETOUR/WEEKEND RETURN. Karena harga one way ticket selalu lebih mahal dari return ticket, maka weekend return ini sangat berperan bila pacar anda di kota lain. Weekend return ini berlaku mulai dari jam 7 malam hari jumat, hingga jam 4 pagi hari senin.

Sepeda

No offense untuk orang-orang yang tidak bisa bersepeda, tapi sepeda adalah transportasi paling vital di belanda, apalagi di Leiden. Bayangkan berapa euro yang anda bisa hemat dari biaya naik bis bila anda rajin bersepeda. Jantung sehat, kantong pun gemuk.

Sekarang, dimana cari sepeda?

Biasanya orang-orang akan mencari sepeda secondhand. Karena harganya yang murah dan kualitasnya yang biasanya lumayan bagus, serta mengurangi kekuatiran dicuri junkies. Anda bisa membeli sepeda dari teman, dari toko sepeda yang menjual secondhands, dari website seperti  HYPERLINK “http://www.marktplaats.nl” http://www.marktplaats.nl, atau dari pasar loak yang suka ada setiap bulan. Tapi ada beberapa toko secondhand yang mungkin mau anda lihat, yaitu satu di jalan hooigracht. Tepat di seberang supermarket Albert Heijn. Nama tokonya: 2dehands. Dan satu lagi di Warenhuis di jalan Willem Barentzstraat 12, 2314 TX Leiden, telp 071-524 00 60. Di 2de hands dan Warenhuis ini juga dijual banyak barang2 secondhand yang masih bagus kualitasnya.
Tapi kalau anda penggemar sepeda baru, silahkan mencari sepeda-sepeda baru di toko-toko sepeda yang tersebar di seluruh penjuru Leiden.

Jangan lupa untuk membeli dua kunci sepeda bila sepeda yang anda beli belum dilengkapi. Double locks ini sangat efektif menghambat junkies yang lagi aktif. Seperti motto penjual sepeda, membeli kunci sepeda yang mantap adalah investasi! Dan jangan kaget kalau harga 2 kunci sepeda yang baru hamper sama dengan harga sepeda secondhand. Tapi, investasi selalu berbuah keuntungan, bukan?
Selamat mencari sepeda!

  1. #1 by Fikri on 2 Mei 2011 - 11:44

    Wah bagus banget nieh buat yang baru dateng ke leiden.. Cuman tolong itu bagian strippenkart di update.. dah ga ada lagi strippenkart.. hehehe :D

    • #2 by admin on 4 Mei 2011 - 21:24

      Terimakasih banyak mas Fikri buat comment-nya. Secepatnya admin bakal nge-update contentnya. Kalau mas Fikri ada article yang bisa dipublish, jangan malu-malu buat dikirimkan ke ppileiden2011 at gmail dot com ya…

  2. #3 by marvianti on 18 Mei 2011 - 18:55

    ayo pikk…kirim artikel dongg

  3. #4 by bondan on 20 Februari 2012 - 17:08

    Di Belanda ada maling sepeda juga ya….kalo di Indonesia sepeda mah gak ada yaang mau maling he..hee. Kalo motor kali mau…hehe.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 33 pengikut lainnya.